FGD Implementasi Aplikasi Web-SAKTI

0001 19652554306 20210412 194850 0000

INFO_PAS. Bertempat di KPPN Solok -Kotobaru, dilaksanakan Kegiatan FGD (Focus Group Discussion) implementasi Aplikasi Web-SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) full modul. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, KPPN Solok mengundang 20 Satker untuk membahas kesiapan satker dalam implementasi SAKTI full modul. Rutan Kelas II B Muara Labuh di wakili oleh Bendahara Pengeluaran, Novi Hendra Saputra pada Senin (12/4).
 
Dalam kegiatan diskusi ini sebagai Moderator Diskusi CSO (Customer Service Officer) KPPN Solok sdt Bayu H. Asmoro dan Nara sumber Petugas FO (Front Officer) KPPN sdri Tioma, membahas kecukupan SDM dan infrastruktur, proses pendaftaran user SAKTI serta identifikasi tantangan dan hambatan kedepan pada masing-masing satker sebelum Implementasi dilaksanakan di tahun 2022.
 
SAKTI Full Modul sendiri direncanakan pengaplikasian di awal tahun 2022. Dimana Kegiatan Pelaporan Keuangan, Persediaan, Pelaporan Pemutakhiran data Barang Milik Negara, Pembayaran tagihan instansi(Belanja Gaji, Belanja Barang, Belanja Modal,dll) dan  Perencanaan Anggaran melalui 1 Sistem Aplikasi. 
 
SAKTI merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang telah digunakan pada tingkat satker saat ini.Selain menggabungkan beberapa aplikasi yang dahulunya terpisah-pisah juga mengadopsi proses bisnis yang baru sesuai dengan proses bisnis yang dianut oleh SPAN(Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara).Beberapa modul yang ada di SAKTI : (1). Modul Penganggaran, (2). Modul Komitmen, (3). Modul Pembayaran, (4). Modul Bendahara, (5). Modul Persediaan, (6). Modul Aset Tetap, (7). Modul Pelaporan, dan (8). Modul Administrator. Modul-modul tersebut mengakses satu database bersama, sehingga tidak lagi terjadi duplikasi data seperti pada aplikasi sekarang.
 
Hal ini selaras dengan gerakan Go Green dari pemerintah. Karena kedepannya tidak ada lagi print out/hardcopy yg akan diserahkan ke KPPN, semua cukup pengajuan pada satu aplikasi.

Cetak   E-mail